Copyright! Dilarang Copy-Paste!. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

You are in My exclusive blog now! You will see everything just about foods, snacks, and beverages. Enjoy unique information for fun and follow smart tips for healthy life.. Well, thanks for visiting :)

Stay Clean...!!

Cewek dilahirkan untuk memasak, bukan begitu? Padahal di hotel-hotel itu kebanyakan chefnya laki-laki.. Tetep aja jadi tugas para calon istri ^_^ untuk belajar masak.. Sebelum masak, jelas kita mesti belanja kan, baca tips belanja yang baik dan benar disini. Abis itu gimana? Kalo belanjaan kita udah sampe rumah jangan buru-buru beraksi, yang dibawah ini jangan sampe lupa ya...


1. Cuci Tangan
Ada laporan dari Lembaga Kesehatan Masyarakat Kanada yang bunyinya: "tangan menyebarkan 80% penyakit menular yang umum seperti pilek & flu". Wah, jangan sampe gara-gara makan masakan kita orang lain jadi penderita flu. Makanya penting banget cuci tangan pake air bersih yang mengalir ditambah sabun, sebelum makan, habis dari kamar mandi, juga waktu kita menyiapkan hidangan.

2. Jaga Kebersihan Dapur
Laporan lain dari penelitian berbunyi: "tempat terbersih dari sebuah rumah adalah kamar kecil, lokasi di rumah yang paling terkontaminasi bakteri pencernaan justru spons/sabut cuci piring di dapur". Wah wah wah, kok bisa ya?? Makanya kita mesti sering-sering beli sabut cuci piring yang baru. Waktu bersih-bersih dapur alangkah baiknya kalo kita pake air panas+sabun atau desinfektan buat membunuh kuman! Jangan diirit-irit tuh air ledeng sama sabun, yang penting dapur kita bersih!

3. Cuci Buah dan Sayuran
Orang Jawa bilang "sluman slumun slamet", jangan ditiru itu, nggak bener blas! :D Sapa tau sebelum kita beli, buah/sayur itu udah tercemar air limbah, binatang, atau kotoran. Jangan anggap remeh nyuci buah & sayur. Sebelum dikupas cuci dulu buah & sayur sebersih mungkin sampe bakterinya pada mati. Lama nggak jadi masalah, "biar lambat asal selamat" kata pak polisi...

4. Pisahkan Daging Mentah
Biar bakteri yang ada di daging-dagingan nggak menyebar, bungkus daging & hasil laut mentah serapat mungkin!!! Habis itu pisahin dari bahan makanan lainnya. Kalo bisa telenan sama buah buat buah & sayur jangan dipake buat daging & ikan. Atau kalo cuman punya satu doang ya dicuci dulu pake air panas+sabun sehabis dipake buat motong daging & ikan.
Kalo semuanya udah 100% bersih, terus gimana? Nantikan kelanjutan kisahnya hanya di It's Meal Time !!! Hehehehe... :p

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS